PersianPTC.com

Israel Serang Lebanon, SBY Minta Konga XXIII Waspada

Kamis, 08 Januari 2009 komentar

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menelepon Komandan Satuan Tugas Kontingen Garuda XXIII C Letkol Haryono yang saat ini berada di Lebanon. Hal ini terkait serangan rudal Israel yang sudah merembet hingga ke Lebanon.

Meskipun beberapa kali pembicaraan sempat terputus, Presiden tetap berkomunikasi dengan Letkol Haryono. Pembicaraan keduanya diperdengarkan kepada wartawan di Komplek Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (8/1/2009).

Namun, sayangnya yang terdengar hanya suara Presiden SBY. Suara dari Letkol Haryono dari Lebanon tidak terdengar.

Berikut pembicaraan telepon Presiden SBY:

Saya sudah mengerti laporan yang kau sampaikan.
Pertama, benar yang kau lakukan. Letkol Haryono sudah instruksikan kepada prajurit untuk betul-betul menjaga diri meningkatkan tindakan keamanan kemudian siap kontingensi meskipun tembakan dari Libanon itu tidak terlalu dekat dengan posisi Indonesia, demikian tembakan Israel ke arah Lebanon dengan posisi pasukan kita.

Tetapi anda benar tadi, apabila situasi berkembang dan kemudian tidak terkontrol bisa saja pasukan kita mengalami bahaya. Oleh karena itu kontingensi yang kau sampaikan sudah benar dan pedomani betul protap dari PBB.

Ingat tugas anda sebagai peacekeeping. Jadi berlindung dengan baik supaya keselamatan anak-anak terjaga sambil menjalankan tugas sebagai peace keeping force.

Yang kedua, kalau nanti anda diundang pimpinan force commander. Ya sampaikan bahwa presiden kami terus memantau keadaan dengan harapan PBB, Unifill bisa mengembang tugas dengan baik sebagaimana amanat PBB kepada Unifill, termasuk satgas Indonesia sendiri.

Ketiga atau yang terakhir, kau mengatakan Dubes Indonesia akan dipanggil Presiden Lebanon, Sulaiman kalau sempat berkomunikasi agar betul-betul mendengarkan briefing dari Presiden Lebanon setiap perkembangan situasi supaya kontingen,anda sendiri, Kedutaan Besar memahami secara seksama.

Lanjutkan tugas! salam sama pajurit, tenang, tetap profesional menjalankan tugas. Terima kasih


Diketahui, hari ini Israel melepaskan rudal ke wilayah Lebanon. Hal ini karena, Israel mendapatkan serangan rudal dari Lebanon.(uky)
(mbs)
source

komentar

Posting Komentar